Keuntungan Dan Kerugian Dari Mesin Laser Cutting

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis hendaknya kita perlu memperhitungkan terlebih dahulu keuntungan ataupun kerugian sebelum kita menjalankan suatu usaha (analisis usaha). Hal ini berlaku pula pada usaha yang mengguanakan mesin laser cutting seperti yang dijalankan oleh tritunggalmetal dalam menjalankan usahanya.

Penggunaan mesin pemotong laser memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, tergantung pada penggunaan yang sebenarnya. Berbagai keuntungan menggunakan pemotongan laser dengan pemotongan mekanis adalah kemudahan pemrosesan dan pengurangan kontaminasi potongan.

Keakuratan pekerjaan bisa lebih baik, karena kapasitas sinar laser tidak berkurang selama proses. Ada juga kemungkinan untuk mengurangi deformasi material yang akan dipotong, karena sistem laser memiliki area kecil yang dipengaruhi oleh panas. Beberapa bahan sangat sulit atau tidak mungkin dipotong dengan cara tradisional.

Pemotongan laser logam memiliki keunggulan pemotongan plasma, yang berarti pemrosesan menjadi lebih akurat, lebih cepat, lebih bersih, dan lebih hemat energi saat memotong panel dan juga kualitas ukiran yang tak tertandingi.

Mesin pemotong laser yang lebih baru yang beroperasi pada daya yang lebih tinggi (6000 watt, tidak seperti pemotongan laser awal dengan 1500 watt) dekat dengan mesin plasma dalam kemampuan mereka untuk memotong bahan tebal, tetapi modal Il jauh lebih besar daripada mesin pemotong plasma.

Pemotongan laser juga dapat memotong pola yang sangat kompleks. Hasil pemotongan laser ini sangat mengasyikkan, sehingga mesin ini bisa mengurangi pekerjaan finishing. Apalagi mesin ini sangat akurat, karena akan memotong semua dekorasi sesuai desain yang dibuat. Ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Tidak ada batasan untuk slide digital.

Bahan yang dapat dipotong laser adalah akrilik, kayu, MDF, multipleks, gabus, stainless steel (aluminium) dan bahan lunak seperti kulit, kertas, karet, dan silikon.

Pemotongan laser banyak digunakan untuk menghasilkan benda-benda dekoratif di dalam dan di luar bangunan, serta untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti furnitur, peralatan, pakaian, dan banyak lagi.

Selain itu, mesin pemotong laser memiliki kelemahan. Kerugian dari mesin ini adalah ia menghabiskan banyak energi. Efisiensi pemotongan laser dapat bervariasi dari 5% hingga 15%. Konsumsi energi dan efisiensi laser itu sendiri tentu akan bervariasi tergantung pada daya output. Ini akan tergantung pada jenis laser yang digunakan dan kemampuan sinar laser untuk beroperasi.

Program yang diperlukan, seperti Corel Draw, Illustrator, Inkspace, harus dibuka dalam program pemotongan laser. Ini kemudian digunakan untuk menentukan arah pergerakan kepala laser (kepala laser). Harga juga sesuai dengan ukuran model pemotongan laser. Semakin tinggi model pemotongan laser, semakin tinggi harga produktif.

Ini semua artikel yang bisa saya sampaikan, saya harap Anda bisa memberikan lebih banyak informasi kepada pembaca dan jika ada kata, maaf. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *